skip to Main Content
Merasa Masalah Jerawat Tak Kunjung Beres? Mungkin Kamu Belum Melakukan Hal Ini

Merasa Masalah Jerawat Tak Kunjung Beres? Mungkin Kamu Belum Melakukan Hal Ini

  • Tips

Jerawat merupakan salah satu masalah kulit yang paling umum terjadi, serta salah satu kondisi kulit yang paling kompleks dalam hal penanganan dan perawatannya. Masalah jerawat hampir dirasakan oleh semua orang, biasanya dimulai dari usia 12, dari masalah jerawat ringan hingga jerawat berat atau meradang. Agar tepat penangannya, mari kita ketahui apa itu jerawat, jenis-jenisnya hingga cara tepat penangannya.

Jerawat muncul akibat minyak yang diproduksi oleh kulit yang tidak bisa keluar ke permukaan kulit dengan sempurna. Hal ini disebabkan karena banyaknya sel-sel kulit mati dan kotoran yang menumpuk pada wajah dan tersumbat di folikel rambut. Biasanya minyak yang tersumbat ini tidak langsung menjadi jerawat, tapi menjadi whiteheads atau bruntusan terlebih dahulu. Whiteheads menjadi jerawat itu disebabkan terjadinya peradangan pada kulit bagian dalam yang akhirnya menjadi merah dan membengkak karena bertemu bakteri p. Acnes.

Secara umum, jerawat dibagi kedalam 5 jenis, yaitu :

1. Blackhead dan whitehead (komedo)

Komedo adalah jenis jerawat dasar. Komedo muncul saat minyak dan sel-sel kulit mati bercampur dan menyumbat pori-pori. Komedo dapat menyebabkan benjolan. Saat komedo tetap berada di bawah kulit, kepala komedo tersebut lebih mungkin berwarna putih dan disebut komedo tertutup, atau whitehead. Saat komedo terbuka dan muncul ke permukaan kulit, minyak berlebih bereaksi dengan udara dan kepala komedo ini berwarna hitam dan disebut komedo terbuka, atau blackhead. Jadi, warna hitam pada komedo blackhead bukan disebabkan oleh debu.

2. Papula ( benjolan di atas kulit )

Pori-pori teriritasi yang menyebabkan komedo menjadi meradang sehingga muncul jerawat yang lebih besar atau disebut papula akan muncul. Papula adalah benjolan kecil berwarna merah pada kulit. Papula yang tidak ditangani dengan baik dapat menyebabkan bekas luka ( acne scar ) setelah sembuh.

3. Pustula ( benjolan di atas kulit disertai nanah )

Pustula juga merupakan komedo yang meradang. Pustula muncul dengan dasar yang merah dan kepala yang putih. Pustula dipenuhi dengan nanah, jika tidak berhati-hati dalam penangannya dapat menyebabkan luka parut yang cukup dalam.

4. Nodul ( benjolan di atas atau di bawah kulit lebih dari 0,5 cm )

Nodul adalah jenis jerawat yang lebih serius. Nodul terbentuk di bawah kulit, kemudian menjadi komedo yang meradang dan keras. Nodul bisa menimbulkan rasa sakit. Setelah bintil menghilang, bekas luka yang merah atau gelap (red marks dan hiperpigmentasi ) akan tertinggal.

5. Jerawat kistik ( jerawat batu )

Jerawat batu mirip seperti nodul tetapi berukuran lebih besar, dan terbentuk jauh di dalam kulit dan dipenuhi dengan cairan jernih atau nanah. Jerawat batu lunak, terasa sakit, dan dapat meninggalkan bekas luka setelah bintilnya menghilang.

Pengobatan jerawat dibutuhkan waktu berbulan-bulan, tergantung jenis jerawat yang dialami. Berikut langkah-langkah mengatasi jerawat :

Membersihkan Wajah Secara Maksimal

Pastikan kamu membersihkan wajah selepas beraktivitas dengan metode double cleansing. Gunakan misellar water atau makeup remover lalu dilanjutkan dengan mencuci muka dengan menggunakan facial soap.

Gunakan Produk Perawatan Wajah yang Mengandung Witch Hazel dan Harungana Madagascariens

Kedua bahan alami tersebut teruji bermanfaat untuk mengurangi minyak pada wajah dan sifatnya yang anti bakteri dapat mengurangi bakteri P.Acnes yang memicu timbulnya jerawat.

Tetap Gunakan Produk Perawatan Wajah Harian

Jangan merasa produk perawatan wajah yang kamu gunakan sehari-hari justru menambah timbulnya jerawat. Jika jerawatmu bertambah banyak bisa jadi kamu salah langkah dalam pengaplikasiannya atau produk yang kamu gunakan mengandung minyak ( oil based ). Gunakan produk yang diclaim non-comedogenic sangat disarankan agar tidak menyumbat pori-pori. Tetap hidrasi kulit wajahmu dengan pelembap yang bertekstur ringan dan hindari paparan sinar matahari berlebih.

Pola Hidup Sehat Adalah yang Utama

Pastikan kamu mengonsumsi buah, sayur segar, dan minum air mineral yang cukup. Imbangi dengan teratur berolahraga serta istirahat yang cukup. Hindari rokok dan minuman beralkohol.

Mengatasi jerawat membutuhkan waktu dan proses yang panjang. Kesabaran, komitmen, dan ketelatenan adalah kuncinya.

Back To Top